SOKOGURU, SERANG – Gaya hidup sehat yang kini makin tren di kalangan masyarakat Indonesia telah membuka peluang besar bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal.
Salah satunya adalah PT Tangkal Kawung Indojaya, produsen gula aren asal Kelurahan Trondol, Kecamatan Serang, Kota Serang, Banten, yang sukses menembus pasar nasional dan kini bersiap ekspansi ke mancanegara.
Berbekal merek dagang Tangkal Kawung, perusahaan ini menghadirkan dua varian produk gula aren—bubuk dan cair—untuk menjawab kebutuhan pasar yang semakin sadar akan kesehatan.
Baca juga: Kisah Sukses Restu Mande: UMKM Rendang Mendunia yang Juga Berdayakan Perempuan
Menariknya, produk ini bukan hanya laku di pasar domestik seperti Aceh, Lampung, dan Surabaya, tetapi juga tengah dibidik untuk diekspor ke Korea Selatan.
“Kami telah memproduksi gula aren sejak 2018. Saat ini, kami fokus memperkenalkan varian cair yang punya rasa lebih manis tapi kadar gulanya lebih rendah,” ujar Adhe Shafitri, ST MT, Director PT Tangkal Kawung Indojaya dalam keterangan pers, Senin, 5 Mei 2025.
Selain Lebih Manis, Gula Aren Lebih Sehat
Adhe menjelaskan bahwa gula aren cair sangat diminati karena selain lebih manis, juga lebih sehat.
Varian cair hadir dalam kemasan 250 ml hingga 5 liter dan dijual dengan harga mulai Rp25 ribu. Produk ini menjadi favorit bagi para pelaku usaha seperti coffee shop dan bakery.
Jalin Kerja Sama dengan Pelaku Industri F&B
Tak hanya menyasar pasar ritel, Tangkal Kawung juga aktif menjalin kerja sama B2B, terutama dengan pelaku industri F&B.
“Kami ingin menjalin lebih banyak kolaborasi dengan pemilik kedai kopi dan toko roti,” ujarnya.
Baca juga: Lewat LinkUMKM, BRI Bantu UMKM Naik Kelas! Jelita Sukses Kembangkan Serela Food hingga Go Digital
Menariknya, Tangkal Kawung juga telah memulai langkah ekspansi internasional. Korea Selatan menjadi target ekspor utama, karena regulasi impornya dinilai lebih fleksibel.
“Peluang di Korea sangat besar, khususnya untuk produk alami seperti gula aren,” tambah Adhe.
Saat ini, omzet bulanan Tangkal Kawung berkisar Rp20 juta hingga Rp25 juta. Produk mereka pun telah tersedia di berbagai e-commerce besar seperti Tokopedia, Blibli, dan Shopee.
Peran BRI Bawa UMKM Lokal ke Panggung Global
Kesuksesan ini mendapat dukungan penuh dari BRI. Menurut Corporate Secretary BRI, Agustya Hendy Bernadi, kisah sukses seperti Tangkal Kawung merupakan bukti konkret peran BRI dalam membawa UMKM lokal ke panggung global.
Baca juga: Menteri UMKM Bongkar Kendala Hapus Tagihan Rp14,8 Triliun dan Skandal KUR Tanpa Agunan!
“BRI terus mendorong UMKM binaannya untuk go global, dan Tangkal Kawung adalah salah satu kisah sukses yang membanggakan,” ujar Hendy.
Sebagai informasi, gelaran BRI UMKM EXPO(RT) 2025 yang digelar pada 30 Januari hingga 2 Februari 2025 di ICE BSD City berhasil menarik lebih dari 69 ribu pengunjung dan mencatatkan transaksi senilai Rp40 miliar, termasuk kontrak ekspor senilai Rp1,5 triliun. (*)